Sarasehan Si Bakul Dinas Koperasi dan UKM DIY di Kelurahan Notoprajan

Notoprajan - Senin, (25/03/2024). Sarasehan Si Bakul Dinas Koperasi dan UKM DIY dilaksanakan di Aula PAY Aisyiyah Serangan Kelurahan Notoprajan Kemantren Ngampilan Kota Yogyakarta.
Kegiatan tersebut, dalam rangka komitmen Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya. Kegiatan Talkshow ini mengusung Tema : Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa.
Narasumber pada kegiatan Sarasehan SiBakul kali ini adalah :
1.    Muh. Syafii, SPsi (Anggota Komisi A DPRD DIY)
2.    Wisnu Harmawan, SP, MT (Kabid Layanan Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY)
3.    Diah Nur Astuti, SH, MSi (Lurah Notoprajan)
4.    Haznil Afrizal (Pendamping UMKM)
Wisnu Harmawan menjelaskan bahwa Si Bakul Jogja adalah sistem informasi pembinaan koperasi dan pelaku usaha di DIY yang merupakan salah satu program terpadu dari Pemda DIY melalui Dinas KUKM DIY dengan fasilitas mempromosikan produk UMKM DIY dengan layanan free ongkir. Sekaligus mensosialisasikan kegiatan dan dukungan pemerintah terhadap UMKM, memotivasi UMKM agar naik kelas, dan mengedukasi masyarakat agar peduli dan mencintai produk lokal DIY.
Muh Syafii mendorong UMKM Kelurahan Notoprajan mempunyai produk unggulan sebagai icon branding wilayah Notoprajan dan sistem inkubasi bisnis. pembinaan dan pendampingan terhadap UMKM dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.
Hasnil Afrizal sebagai pendamping UMKM inspiratif/ Praktisi Branding mengajak para pelaku UMKM di Kelurahan Notoprajan untuk berani, berani maju, berani berusaha dan berani untuk mencoba dan berinovasi,
Sementara Lurah Notoprajan, Diah Nur Astuti menyampaikan potensi perekonomian UMKM wilayah Kelurahan Notoprajan dengan memetakan potensi branding kampung berdasarkan potensi unggulan masing-masing wilayah 3 kampung yang ada. Dengan keberadaan Si Bakul, UMKM Notoprajan dapat terangkat dan lebih berkembang sehingga UMKM Kelurahan Notoprajan dapat naik kelas. Harapan adanya bantuan fasilitasi dan pendampingan dari Dinas UMKM DIY dapat terus membantu UMKM Kelurahan Notoprajan secara berkelanjutan mewujudkan UMKM Kelurahan Notoprajan bisa Naik kelas, terus berkembang semakin maju dan mampu mensejahterakan masyarakat Kelurahan Notoprajan.