PELATIHAN PERTANIAN PERKOTAAN KELURAHAN NOTOPRAJAN

Yogyakarta - Senin (19/02/2024). Pelatihan pertanian perkotaan adalah salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh Kelurahan Notoprajan di Tahun 2024 melalui Sub Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan dan lahan kosong. Sasaran difokuskan untuk penataan area tengsur yang berada di wilayah Rw 02 dan Rw 03 dengan topic  yang diangkat adalah pengembangan tanaman hortikultura dengan harapan dapat menjadi kampung yang hijau, bersih dan produktif.

Pelatihan pertanian perkotaan dibuka oleh Lurah Notoprajan dengan penyampaian kebijakan penataan wilayah tengsur di RW 02 serta pemanfaatan pekarangan di RW 03 dan RW 08 dengan pengembangan tanaman hortikultura.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Yacobus Sunaryo daro UST Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang strategi pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan melalui pertanian perkotaan.
Materi kedua disampaikan oleh Ibu Rohmah selaku Penyuluh Pertanian Swadaya tentang  teknis budidaya tanaman hortikultura secara umum.
Selanjutnya penyampaian rencana tindak lanjut penanaman bibit tanaman sayuran oleh Ibu Evy Kusmastuti selaku PPL Kemantren Ngampilan.