Pelatihan Pembuatan Makanan Bumil dan Remaja Notoprajan cegah stunting Kelurahan Notoprajan

Yogyakarta - sabtu, 11/03/2023. Pencegahan anemia pada remaja  melibatkan nutrisionist kesehatan kota Yka. Edukasi kepada masyarakat mengenai cara mengolah makanan mempunyai nilai gizi, sehat beragam seimbang serta memastikan orangtua atau pengasuh balita benar dalam memperhatikan apa yang dimakan balita sangat penting. Asupan makanan yang dimakan balita sangat berpengarung terhadap tumbuh kembang anak yang benar dapat meningkatkan kecerdasan anak dan tumbuh kembang menjadi normal dapat mencegah kasus stunting.

Ibu Marsih dan dr Teti dari Pokja 4 TP PKK Kota yogyakarta  dalam penanganan kasus stunting tidak hanya pola asuh, juga memperhatikan asupan gizi yang masuk dan pencegahan melalui 1000 HPK. Untuk Remaja perlu diperhatikan juga asupan makanan yang masuk tidak hanya makan makanan kekinian seperti fast food, minuman boba dll yang banyak mengandung karbohidrat sehingga banyak ditemukan remaja yang mengidap penyakit diabetes karena supan karbohidrat yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan remaja. Selain itu dipandu Pengurus Pokja 3 PKK Kota juga dilakukan praktek pembuatan makanan bergizi bagi peserta bumil dan remaja.

Harapan dari pelatihan yang diselenggarakan dapat membantu bumil dan remaja putri dalam memenuhi asupan gizi dalam upaya mencegah stunting dan mewujudkan generasi yang berkualitas cerdas dan sehat.