Kunjungan Giat BS Surolaras RW 8 Notoprajan

Senin, 6 Maret 2023 Kegiatan Bank Sampah Surolaras RW 8 Notoprajan hari ini berbeda dengan hari biasanya dikarena adanya kunjungan dari pengurus Paguyuban Bank Sampah Kelurahan Mantrijeron.
Tujuan kunjungan ini  untuk mengetahui secara langsung proses pemilahan sampah, mengetahui tata cara menabung sampah dan mampu mengelola sampah dengan baik dan mengetahui sampah-sampah yang dapat diolah dan mempunyai nilai ekonomi yang mampu memberikan manfaat kepada msyarakat sekitar.
Dari penjelasan ketua BS Surolaras RW 8 menyampaikan Bank sampah yang beranggotakan masyarakat RW 8 juga ada dari anak-anak madrasah Mualimat untuk menabung dan mengumpulkan sampah yang sudah dipilah berdasarkan kategori barang yang laku dijual. Inovasi BS Surolaras RW dikelola menggunakan sistem digitalisasi melalui SIMBARAS dan tabungan bisa berbentuk emas. Pengelolaan sampah organik diolah dengan ember tumpuk. Losida, biopori dan ecoenzym. Hasil ecoenzym dibuat produk menjadi spray handsanitizer, sabun EE, sedangkan hasil ember tumpuk berbentuk cair untuk poc tanaman dan bisa dijual. Untuk hasil produk olahan sampah organic maupun anorganik dijual melalui Kedai BS Surolaras. HAsil produk ini bagus dan layak jual sehingga bisa menjadi sumber perekonomian anggota BS Surolaras. Harapannya BS Surolaras RW 8 dapat memotivasi Bank Sampah lainnya dan terus berkembang maju dan menjadi Bank Sampah Percontohan Kelurahan Notoprajan.