WORKSHOP GSI & PHBS KELURAHAN NOTOPRAJAN

Yogyakarta – Senin (23/05/2022) Dilaksanakan kegiatan Workshop Gerakan Sayang Ibu (GSI) & Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dihadiri oleh Kader Posyandu Kelurahan Notopraja, Kader PKK, dan perwakilan Warga. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Petugas Puskesmas Ngampilan dan DMPPA Kota Yogyakarta.

GSI merupakan gerakan yang dilakukan oleh masyarakat bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan yang ditujukan untuk mengurangi Angka Kematian Ibu ( AKI ) karena hamil, bersalin, nifas dan bayi. Selain itu, GSI bertujuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis, dimana kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak, akan tetapi pada saat ini kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan.

Selain menjelaskan pentingnya kesehatan Ibu dan Anak, Narasumber juga menjelaskan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, dimana perilaku ini merupakan kunci suksesnya kesehatan ibu dan anak dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta menkonsumsi makanan sehat dan bergizi.