Workshop  GSI, PHBS, dan Posyandu Di Kelurahan Notoprajan

Yogyakarta - Selasa (24/05/2022) Kelurahan Notoprajan menyelenggarakan Workshop Gerakan Sayang Ibu (GSI), Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Posyandu. Workshop ini merupakan pertemuan hari kedua dari workshop GSI, PHBS dan Posyandu yang digelar sebelumnya pada hari Senin (23/05/2022). Narasumber acara ini berasal dari Puskesmas Ngampilan dan Dinkes Kota Yogyakarta. Kegiatan workshop diikuti oleh PKK RW dan Kader Posyandu RW.

Gerakan Sayang Ibu (GSI) adalah gerakan yang mengembangkan kualitas perempuan utamanya melalui percepatan penurunan angka kematian ibu yang dilaksanakan bersama- sama oleh pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dengan meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian dalam upaya integrative dan sinergis.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Dengan diselenggarakan workshop ini diharapkan semakin meningkatnya pemahaman dan pengetahuan para kader dalam mencegah kematian dan kesakitan ibu hamil, melahirkan dan nipas , meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para kader tentang cara berperilaku hidup sehat yang diharapakan nantinya bisa meneruskan/memotivasi masyarakat untuk senantiasa berperilaku hidup sehat dilingkungan dan meningkatkan kualitas pelayanan di posyandu serta meningkatkan peran kader posyandu dalam pelayanan di posyandu.